Oleh: edijarot | Desember 22, 2007

OBYEK WISATA PANTAI PADANG SEPI PENGUNJUNG AKIBAT ISU GEMPA

Obyek wisata pantai Kota Padang, Sumbar, pada Hari Raya Idul Adha 1428 Hijriah, sepi pengunjung, akibat beredarnya isu gempa 8,5 SR pada 23 Desember 2007 mendatang.

Kunjungan wisata domestik pada Hari Raya Idul Adha kali ini cukup sepi, jika dibanding dengan hari libur dan hari lebaran sebelumnya, demikian Pantauan ANTARA di Pantai Padang, Kamis.

“Saya sudah dari pagi gelar dagangan, tidak terlihat ada lonjakan pengunjung, padahal rutin saat lebaran dan hari libur, mulai pukul 14.00 WIB – 21.00 WIB pengunjung kian ramai,” tutur Tika (43), pedagang kaki lima yang menyajikan, jagung bakar, pisang bakar di pinggir pantai itu.

Namun, sejak Kamis pagi hingga sore pengunjung masih sepi dan jarang kondisi ini terjadi pada hari Idul Adha atau libur nasional.

Dia menilai, turun drastisnya kunjungan warga ke obyek wisata yang berjarak hanya satu kilo dati pusat Kota Padang itu, akibat beredarnya isu gempa besar yang berpotensi tsunami.

Wisatawan domestik yang berkunjung ke Pantai Kota Padang, biasanya saat lebaran dan libur nasional, juga warga dari berbagai kabupaten/kota di Sumbar.

Tika mengaku, sejak bergulir isu gempa yang berpotensi tsunami itu, sangat berpengaruh terhadap pendapatan pedang kaki lima di kawasan pantai itu.

Biasanya hasil dagangan bisa di raih dalam satu hari Rp100 ribu dan pada lebaran atau libur nasional mencapai Rp300 ribu/hari.

Namun, sejak bergulit isu gempa dan tsunami mengalami turun, pada hari-hari biasa hanya Rp40 ribu/hari, terkadang ada yang cukup untuk membayar sewa tenda (payung dagangan) saja.

Hal senada, pedagang lainnya, Rina, biasanya kami mengharapkan pendapatan meningkat saat lebaran dan liburan nasional.

Jika kondisi pengunjung sepi pada hari Idul Adha dan beberapa hari ke depan akan terjadi hal yang sama, karena kecemasan warga menghabiskan masa liburnya ke obyek wisata pantai.

Dia juga mengaku, ada rasa khawatir dengan banyaknya beredar isu gempa dan tsunami, tetapi hingga kini belum dan tidak akan mengungsi sebelum gempa terjadi.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: