Oleh: edijarot | Januari 2, 2008

HALUAN KORAN TERTUA DI SUMBAR

Bagi Anda yang tinggal atau pernah tinggal di kawasan Sumatra Bagian Tengah (Sumbagteng) mungkin tak asing lagi dengan Haluan. Haluan merupakan surat kabar tertua di Sumatra Barat.
Ketika surat kabar ini didirikan pertama kali oleh Kasoema tahun 1948, kondisi republik masih dalam suasana pergolakan. Rakyat beserta segenap unsur-unsur perjuangan dan kepemudaan masih sibuk memanggul bambu runcing dalam upaya mengusir penjajah Belanda yang berupaya merongrong kemerdekaan yang telah diraih tahun 1945.
Kala itu, Haluan menjadi salah satu corong dalam upaya menggelorakan dan membangkitkan semangat juang rakyat. Dapat dibayangkan pada waktu itu suasana sangat tidak kondusif bagi pers. Ancaman dari kolonial kerap mewarnai ‘perjuangan’ Haluan. Namun, tentu saja hal itu tidak menjadi alasan untuk tidak menjadikan Haluan tetap eksis sebagai pewarta perjuangan.
Ketika republik bergolak kembali dalam kancah Pemerintahan Revolusioner Republik Indonesia (PRRI), Haluan sempat vakum beberapa saat karena ketatnya tekanan dari pemerintah pusat yang tengah berkuasa.
Setelah melewati berbagai generasi dan zaman, Haluan masih tetap eksis di tengah derap perkembangan dan kecanggihan era globalisasi. Hingga saat ini, Haluan tetap menjadi surat kabar yang setia menyapa dan menami pembacanya di kala pagi.

About these ads

Responses

  1. salam,

    saya sedang melakukan trial untuk webblog aktivisminang, bisakah dibantu?

    saya membutuhkan alamat web/blog media di sumatera khususnya sumatera barat, yang memiliki RSS… untuk saya tampilkan di webblog tersebut.

    saya cari di google, ada haluan, dan terlink ke halaman anda, saya ucapkan terimakasih.

  2. saya butuh websitenya koran haluan

  3. tess


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: