Oleh: edijarot | Januari 5, 2008

GEMPA 6,3 SR GONCANG BENGKULU, WARGA BERHAMBURAN

http://masibnu.files.wordpress.com/2007/09/gempa.jpg Gempa bumi tektonik berkekuatan 6,3 Skala Richter (SR) mengguncang Bengkulu pada Jumat siang pukul 14:29 WIB, gempa tersebut sempat membuat panik sejumlah warga Kota Bengkulu dan pegawai di DPRD Provinsi Bengkulu.
Menurut Pelaksana Harian (Plh) Koordinator Stasiun Badan Meteorologi dan Geofisikasi (BMG) Bengkulu Sujud SP, lokasi gemopa berada pada posisi 3.03 Lintang Selatan (LS) dan 100,61 Bujur Timur di kedalaman 10 Km.
Gempa tersebut berada di 75 Km barat Daya Kabupaten Muko Muko, Bengkulu yang selama ini sering dilanda gempa. Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami, katanya.
Getaran gempa dirasakan lebih dari 30 detik sehingga membuat kaca jendela rumah dan kantor bergetar.
“Saya masih trauma, begitu merasakan goncangan, saya langsung lari ke luar,” kata seorang pegawai di DPRD Provinsi Bengkulu yang saat terjadi gempa berada di lantai dua.
Belum diperoleh keterangan mengenai kerusakan atau korban jiwa akibat gempa tersebut.
Provinsi Bengkulu dikenal sebagai daerah rawan gempa, pada 12 Septmeber daerah itu dihantam gempa berkekuatan 7,9 Skala Richter (SR) yang mengakibatkan 13 nyawa warga melayang dan puluhan ribu rumah, sekolah dan tempat ibadah serta fasilitas umum roboh, rusak berat dan ringan dengan kerugian mencapai Rp700 miliar.
Sebelumnya, pada tahun 2000, Bengkulu juga dihantam gempa 7,3 SR mengakibatkan 94 orang meninggal dunia, ratusan rumah roboh, rusak berat dan ringan, kerugian mencapai Rp400 miliar.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: