Oleh: edijarot | Januari 5, 2008

KAPOLWILTABES BANDUNG TERANCAM TERUSIR DARI RUMAH DINASNYA

  Kapolwiltabes Bandung Kombes Pol Bambang Suparsono dilaporkan terancam diusir dari rumah dinasnya di Jalan Pasirkaliki Bandung, menyusul Pengadilan Negeri dan Pengadilan Tinggi Bandung mengabulkan gugatan isteri dan empat anak mantan Kapolda Jabar Mayor Jenderal Suradi Permana yang memiliki  surat-surat kepemilikan rumah tersebut.
“Pengadilan Negeri Bandung dan Pengadilan Tinggi Bandung sudah mengabulkan dan memenangkan penggugat. Berdasar surat-surat rumah dinas itu milik penggugat,” kata Ketua Pengadilan Negeri Bandung HM Syarifudin SH MH kepada pers di Bandung, Jumat.
Dia menjelaskan, Ny Soni Soeradi Permana, isteri mantan Kapolda Soeradi Permana (almr) tahun 1980-an dan empat anaknya menggugat Kapolri, Kapolda, dan Kapolwiltabes Bandung atas kepemilikan rumah dinas di Jalan Pasirkaliki.
Pada 29 November 2006 pihak majelis hakim PN Bandung mengabulkan gugatan itu dan menyatakan rumah tersebut milik keluarga penggugat sesuai surat keputusan No. 59/pdt/6/2006.
Setelah munculnya putusan, lanjut dia, pihak tergugat dari Biro Hukum Polda Jabar melakukan banding ke Pengadilan Tinggi Bandung. Hasilnya, pada 17 September 2007 berdasar surat keputusan nomor 60/pdt/2007, putusan PT Bandung menguatkan putusan PN Bandung.
“Kami sudah memberitahukan keberbagai pihak termasuk Kapolri dan Kapolda juga Kapolwiltabes Bandung hasil keputusan tadi,” ujarnya.
Dengan kemenangan dari pihak penggugat, lanjut Syarifudin, pihak tergugat kini sedang melakukan Kasasi ke Mahkamah Agung. Jika belum ada keputusan kasasi, rumah dinas tadi masih bisa ditempati, karena masih belum memiliki kekuatan hukum tetap (inkrah).
Bila keputusan kasasi dari MA turun, maka rumah dinas tadi harus dikosongkan, dan rumah itu pun milik penggugat sepenuhnya. “Eksekusi baru bisa dilakukan jika ada keputusan kasasi dari MA,” tandasnya.
Keputusan Pengadilan Tinggi Bandung, nomor 60/pdt/2007/PT Bdg, menegaskan, Kapolwiltabes Bandung harus mengosongkan rumah dinas seluas 1.428 meter persegi, menyusul penggugatkan memenangkan gugatannya. Jika rumah itu tetap ditempati, konsekuensinya pihak tergugat harus menggantinya dengan uang sebesar Rp6.974.352.000.
Sejumlah pejabat di Mapolwiltabes Bandung ketika dimintai tanggapannya seputar kasus itu mengaku sudah melakukan rapat koordinasi. “Kami sedang ajukan kasasi tunggu saja hasilnya,” kata sejumlah polisi.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: