Oleh: edijarot | Januari 6, 2008

Mengenal Budaya Minangkabau

https://i1.wp.com/upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/2/2b/Randai_Padang_Panjang.jpg/180px-Randai_Padang_Panjang.jpg

Sumatra Barat menyimpan budaya menarik dan unik yang patut dilestarikan. Upacara Randai di Kabupaten Solok adalah salah satu tradisi yang sampai saat ini masih bertahan.
Upacara Randai biasa digelar guna menyambut tamu penting. Struktur persembahan randai berkonsep pada gerak tari silat yang diselingi lagu rakyat. Tarian berkelompok ini diiringi musik rebana, caklempong, salung, dan gong. Selain sebagai upacara penyambutan, Randai sering dihadirkan pada pesta menuai padi serta prosesi pernikahan.
Kesenian tradisional Sumbar lainnya yang cukup terkenal adalah tari piring. Tari ini dilakukan secara berpasangan yang menggambarkan rasa gembira serta syukur. Tarian ini sebelumnya sebagai ucapan terima kasih kepada Tuhan karena mendapat hasil panen melimpah. Namun, kini tari piring lebih banyak dihadirkan dalam upacara pernikahan adat Minangkabau.
Sesuatu yang unik bisa dijumpai di Solok Selatan, tepatnya di Nagari Kuto Baru, dimana jejeran rumah gadang berdiri kokoh. Kuto Baru memang dikenal dengan sebutan Nagari 1.000 gadang. Sebab penduduk di segala penjuru perkampungan ini mendiami rumah berbentuk panggung tersebut.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: