Oleh: edijarot | Januari 9, 2008

MENTERI SRI LANKA TEWAS AKIBAT LEDAKAN BOM TEPI JALAN

https://i1.wp.com/bbsnews.net/bbsn_photos/topics/Israel_Palestine/2003_08_05Bethlehem_ISM_Media.jpg Seorang menteri Sri Lanka tewas akibat ledakan sebuah bom di tepi jalan yang ditanam oleh yang diduga pemberontak Macan Tamil di utara ibukota Kolombo Selasa, seorang pejabat senior rumah sakit mengatakan, anggota parlemen kedua yang tewas dalam sepekan ketika perang saudara yang berlarut-larut meluas.
Menteri Pembangunan Bangsa D.M. Dassanayake, yang kendaraannya dihantam ledakan itu Selasa pagi di kota Ja-Ela, 19 Km di utara Kolombo di jalan ke bandara internasional satu-satunya di negara itu, meninggal di meja operasi.
“Ia meninggal belum lama berselang,” kata Lalini Gurusinghe, wakil direktur rumah sakit pengajaran pemerintah di kota Ragama yang berdekatan, tempat menteri itu dan sepuluh orang lainnya yang luka-luka akibat ledakan itu dibawa.
Salah seorang dari kelompok keamanannya kemudian juga meninggal.
Gambar siaran televisi setempat mengenai mobil Toyota Land Cruiser menteri itu, jendelanya hancur, sisinya dihujani dengan pecahan peluru yang disemprotkan oleh ranjau fragmentasi Claymore dan darah menodai pintu penumpang belakang dan satu genangan di tanah.
Seorang dokter yang difoto duduk mengangkang menteri itu di sebuah trem listrik, memompa dadanya ketika ia dibawa bergegas ke tempat operasi.

Perang meluas
Pemboman itu adalah yang terakhir dalam serangkaian serangan terhadap pejabat pemerintah dan militer dalam beberapa bulan belakangan, dan tiba hanya beberapa hari setelah pemerintah mengatakan mereka secara resmi membatalkan gencatan senjata yang compang-camping yang memburuk menjadi perang saudara baru awal 2006.
Macan Pembebasan Tamil Eelam (LTTE), yang ingin mengukir sebuah negara merdeka di Sri Lanka timur dan utara, tidak dengan segera bersedia berkomentar, tapi secara rutin membantah keterlibatan dalam serangan itu
“Ini (pemboman) pasti oleh LTTE,” kata seorang jurubicara militer, yang menolak disebutkan namanya sesuai dengan kebijakan.
Pertempuran berlanjut di tempat lainnya Selasa, dengan jet-jet tempur melancarkan serangan udara di yang diduga sebuah pos komando pemberontak di distrik Mannar di Sri Lanka baratlaut, sementara militer megnatakan tentara telah menewaskan 13 pemberontak dalam serangkaian bentrokan di bagian utara dan timurlaut negara itu.
Ledakan itu terjadi beberapa menit sebelum Perdana Menteri Ratnasiri Wickramanayake mengumumkan parlemen kembali memperpanjang pemerintahan darurat yang pertama diterapkan akhir 2005 setelah pembunuhan menteri luar negeri negara itu.
Ledakan itu juga tiba satu pekan setelah seorang anggota perleman penting minoritas Tamil ditembak mati di sebuah kuil Hindu di ibukota.
Militer mengatakan telah membunuh hampir 100 pemberontak Macan Tamil sejak penengah Norwegia pekan lalu mundur dari perjanjian gencatan senjata, tindakan yang mengejutkan masyarakat internasional dan dianggap meruntuhkan harapan untuk menghidupkan kembali pembicaraan damai guna mengakhiri perang saudara 25 tahun kapan saja segera.
Persis beberapa menit sebelum ledakan, yang terjadi tengah hari antara ibukota dan bandara, Wakil Menteri Pariwisata Faizal Mustapha memberi kesan pada wartawan bahwa Sri Lanka adalah tujuan wisata yang aman.
Pemerintah berjanji untuk menyapu bersih militer Macan Tamil, menentukan panggung yang banyak orang khawatirkan akan menjadi pertempuran berdarah bagi (Sri Lanka) utara ketika korban tewas sekitar 70.000 orang sejak perang meletus 1983 naik setiap hari.


Responses

  1. Kata itoe menijhr Gandhi :

    “An eye for an eye just to make the world go blind…”


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: