Oleh: edijarot | Januari 28, 2008

Mesin ATM BCA yang Hilang Ditemukan di Pasbar

PADANG, Haluan
Jajaran Poltabes Padang mengutus empat anggota Satuan Reserse dan Kriminal untuk menyelidiki penemuan mesin ATM yang mirip dengan milik BCA yang digasak maling di Simpang Anduring, Kuranji Padang, Minggu (20/1) lalu.
“Empat anggota dan didampingi teknisi dari BCA Cabang Padang sudah berangkat ke Pasaman Barat guna memastikan benda yang dijumpai tersebut,”ujar Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Poltabes Kompol. Mukhti Juharsyah kemarin.
Minggu (27/1) mesin yang dimaksud ditemukan warga di perkebunan sawit, sekitar 100 meter dari jalan raya Gunung Tuleh Ujung Gading Pasaman Barat. Disertai juga gunting potong besi, tiga buah linggis, dua  buah obeng, pahat dan kapak serta sepasang  sarung tangan kain.     
Kuat dugaan barang-barang itu digunakan pelaku untuk membongkar paksa mesin ATM yang berisikan uang sekitar Rp193 juta itu. “Jika memang barang tersebut milik BCA yang dibawa kabur kawanan maling, maka ini sebagai salah satu petunjuk untuk menemukan keberadaan para tersangka,”lanjut Mukhti.
Alhasil Aiptu M. Nali dan kawan-kawan yang berangkat ke Pasaman Barat akan langsung melakukan penyelidikan di daerah itu bekerjasama dengan kepolisian setempat, untuk mengantisipasi bersembunyinya para pelaku di daerah itu.
Seperti diberitakan sebelumnya,  mesin ATM Bank Central Asia (BCA) cabang Padang yang terletak di Jalan Raya Andalas Simpang Anduring Kecamatan Kuranji digasang kawanan maling, Minggu dinihari.

Tidak tanggung-tanggung uang sekitar Rp193 juta lebih yang berada di dalam mesin ATM itu di bawa kabur pelaku setelah merusak pintu besi ATM tersebut.

Diduga pelaku yang diperkirakan berjumlah delapan orang dengan menggunakan linggis untuk membongkar mesin tersebut dan berhasil mengangkut mesin yang diperkirakan seberat 1 ton lebih dengan mengendarai mobil.

Sebab, paginya polisi yang langsung melakukan olah tempat kejadian peristiwa berhasil menemukan barang bukti sebuah linggis yang ditinggal pelaku dan sebuah sebo sebagai penutup wajah pelaku di tempat mesin tersebut.

Tidak itu saja para pelaku sebelum melakukan aksinya terlebih dahulu menutup kamera CCTV dengan menggunakan kantong plastik warna hitam untuk memuluskan aksinya.

Berselang sekitar satu pekan setelah kejadian ini, jajaran Polres Pasaman Barat menemukan satu unit brankas  yang diduga dari mesin ATM BCA di Perkebuan Jorong Kampung Sumangat, Kenagarian Muara Kiawai, Gunung Tuleh, Pasbar sekitar pukul 17.00
Kapolres Pasbar AKBP Mahavira Zen mengungkapkan, brankas yang berukuran sekitar 80 x 50 x 65 cm ini ditemukan oleh  jajarannya setelah mendapatkan laporan dari warga. Setelah mendapatkan  laporan, pihaknya langsung turun ke lapangan di dalam perkebunan kelapa sawit  sekitar 100 meter dari jalan raya Gunung Tuleh Ujung Gading. Terbukti,  laporan masyarakat memang benar dan polisi menemukan mesin itu.
Selain menemukan brankas, polisi juga menemukan gunting potong besi panjang satu meter kode 1050 merk JT, linggis besar sebanyak tiga buah, dua  buah obeng tangkai merah merk Amy Hand. Selain itu, ditemukan dua buah  pahat warna merah, satu buah kapak merah tangkai kayu dan sepasang  sarung tangan kain.(aci)     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: