Oleh: edijarot | Januari 30, 2008

KETERLIBATAN KASUS EKSTASI TIGA PEJABAT BEA DIPERTANYAKAN

Indonesia Police Watch (IPW) mempertanyakan keseriusan penyidik Mabes Polri dalam penyidikan kasus penyelundupan 490 ribu butir ekstasi yang diduga melibatkan tiga oknum pejabat Bea dan Cukai.
Ketua Presidium IPW, Neta S Pane di Jakarta, Rabu, mengatakan, ada indikasi terjadi tindakan diskriminatif dalam kasus ini, dimana penyidik Polri tidak melanjutkan penyidikan terhadap tiga pejabat Bea dan Cukai.
Ketiga pejabat Bea dan Cukai yakni ES, HP dan AW hanya sekali menjalani pemeriksaan di kepolisian setelah penggerebekan Apartemen Taman Anggrek, Jakarta Barat, 23 November 2007 dengan barang bukti 490 ribu butir ekstasi senilai Rp49 miliar.
“Dari penelusuran kami terungkap bahwa ketiga pejabat itu masih bekerja seperti biasa di Kantor Bea dan Cukai, Tanjung Priok, Jakarta” katanya.
Ketiga pejabat itu diduga ikut terlibat atas lolosnya 490 ribu ekstasi itu di Pelabuhan Tanjung Priok.
Ekstasi yang dikirim dari Malaysia itu dimasukkan ke dalam kontainer dengan dicampur jagung dan tepung dengan tujuan untuk mengelabuhi petugas.
Neta mengatakan, jika kasus ini tidak segera diselesaiakan, maka Polri dapat dikatakan telah melakukan pilih kasih dalam penegakan hukum karena pejabat Bea dan Cukai tidak tersentuh hukum.
“Penyidikan kasus ini juga lamban. Saya minta Kapolri agar bersikap konsisten dalam kasus narkoba,” katanya.
Kalau untuk tersangka lain dilakukan penahanan, maka untuk para pejabat Bea Cukai seharusya diambil tindakan hukum yang sama.
IPW berharap agar Mabes Polri dapat menjelaskan kelanjutan penyidikan ini dan tidak mempetieskan.
Dalam kasus ini, polisi telah menahan lima tersangka yakni AB, LPK, TBA, JW dan CHL. Dua nama terakhir adalah warga negara Malaysia, sedangkan dua warga negara Malaysia lainnya dinyatakan buron.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: