Oleh: edijarot | Mei 19, 2008

ANAK DAN IBU PINGGAN SETELAH TERIMA TELPON

PADANGPANJANG, Haluan.
Handpond (Hp) layar me rah ” ring red ” yang kini isunya marak beredar di tengah masyarakat tiba tiba meng gegerkan masyarakat Bati puah Tanahdatar. Kejadian itu merebak di saat  Doli Efendi siswa kelas 1 SMK Negeri Batipuh mengaku mejadi korban Hp Layar Merah bersama ibunya Asniar Jumat malam sekitar pukul 20.15 WIB
Doli warga Jorong Batang Gadih Batipuah Tanahdatar mengalami kelainan perasaan beberapa saat setelah menerima telepon via Hp dari seseorang yang tidak dikenal. Setelah Hp diserahkan kepada ibunya Asniar ternyata juga mengalami nasib sama. Keduanya me rasakan kepala terasa berat, pandangan mata kabur.
Kejadian ini segera dilaporkan kepada wali jorong Batang Gadih  Jhon Sidi Ma rajo dan diteruskan ke Polsek Batipuh serta Camat. Selang beberapa saat setelah kejadian malam itu rumah Doli menjadi ramai . Masyarakatpun ber datangan untuk mengetahui kejadian sebenarnya.
Menurut informasi yang dihimpun Haluan, Doli me nerima telepon dari seseorang bernama Anto dengan nomor HP 08789365747. Si penelepon menanyakan alamat seseorang yang tak dikenalnya. Merasa telepon itu berasal dari salah seorang yang juga bernama Anto familinya di Padang Doli awalnya tidak curiga,  telepon itu diserahkan kepada ibunya. Belum sampai Hp di tangan ibunya Asniar, kepalanya juga terasa berat, penglihatannya  kabur sesaat setelah berbicara dengan si penelepon. Lalu Hp ditangannya dilempar ke atas kasur sambil beristifar kepada Allah berulang kali. Keduanya men jadi sempoyongan bahkan sempat tidak sadarkan diri.
Kapolsek Batipuh Iptu Durachman bersama anggota yang tiba di lokasi beberapa saat setelah kejadian mencoba mengamati kasus langka itu dan selanjutnya melaporkannya ke Polres kota Pa dangpanjang karena kasus ini merupakan kasus yang belum pernah terjadi selama ini.
Kapolres kota Padang panjang AKBP Drs Wisnu An dayana yang ditanya Haluan via telepon selular, kemarin membenarkan adanya laporan kejadian.
Kejadian itu, kata Wisnu merupakan ”  Cyber creme ” atau kejahatan teknologi. Namun demikian kebenarannya masih diselidiki.  Sebab kalau diasumsikan kejahatan lewat pancaran sinar infra merah ” infra red “,  belum bi sa dibuktikan, perlu peneliti an melalui labor, sebab kekua tan baterai HP hanya  rendah, kurang diyakini akan mampu merusak secara mendadak. Bila dikatagorikan ke dalam kejahatan ilmu hitam juga tidak mungkin, sebab ilmu hi tam tidak bisa melalui tek nologi.” Polres Padangpan jang saat ini masih terus me lakukan penyelidikan dilapa ngan atas kasus langka ini ” ujar Wisnu Andayana.
Wisnu Andayana meng himbau masyarakat untuk tidak terpancing isu yang belum jelas dan jangan dulu menduga duga, namun di harapkan agar tetap waspada. Jika ada seseorang  menelepon dan nomor teleponnya belum tersimpan dalam memori artinya telepon datang dari orang yang belum jelas jangan teleponnya diangkat atau dijawab. Biarkan atau segera matikan telepon.
Lalu untuk mengatahui dari siapa telepon ajaib itu datangnya, D Dt Itam salah seorang ninik mamak tinggal di Batang Gadih mencoba menghubungi nomor HP 08789365747 itu tadi. Dari ba lik telepon  dijawab bahwa orangnya berada di Siak Pe kan Baru. Ia hanya mengaku salah pencet saja.
Setelah isu santet Hp beredar di tengah masyarakat, banyak pemilik Hp yang takut bahkan ada yang buru buru menjual HPnya dengan harga murah. Disamping itu, ma syarakat di kampung juga ada yang menerima informasi dari sanak keluarga dirantau agar berhati hati menerima telepon dari orang yang belum dikenal jelas.
Ariza dosen S2 Fisika di Banda Aceh adik kandung Alizar Jhon Dt Kali Batuah kanit Serse Polsek Batipuh juga mengirim kabar ke kampung. Katanya, berdasarkan arahan dari WHO, kejadian itu berasal dari bocoran radiasi infra merah. Bila kita ter kena maka bisa berakibat gangguan kesehatan, ujar Alizar Jhon Dt Kali Batuah menirukannya kepada Haluan      Hal serupa juga diterima H Masrul Malik ketua DPD II Partai Golkar kota Padang panjang, ia menerima SMS untuk berhati hati sebab, terjadinya kelainan kesehatan bisa diakibatkan oleh pancaran sinar infra merah berlebihan. Ini SMS nya kata Masrul Malik sambil memperlihatkan SMS yang masih tersimpan di Hp  nya kepada Ha luan ( one ).


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: