Oleh: edijarot | Mei 19, 2008

Damrizal Lubis Dicabik-cabik Beruang

Pasaman, Haluan
Damrizal Lubis (33) war ga Jorong Bandar Padang Pembangunan Lanai Duo Koto Kabupaten Pasaman, nyaris tewas setelah sekujur tubuhnya dicabik-cabik sang beruang  mengganas, saat menderes pohon karet (ge tah) di ladangnya yang berjarak sekitar 300 meter dari rumahnya pagi Minggu ke marin.
Damrizal Lubis seperti biasanya setiap pagi selalu menderes getah milik nya di Lanai Hilir Duo Koto Pa saman, namun hari itu ia bernasib sial, karena beruang ganas sudah menantinya te pat di ladang getah miliknya.
Kejadian itu sekitar pukul 08.00 WIB, saat suasana ma sih sepi, korban sedang a syik-asyiknya menderes tiba-tiba seekor beruang mener kamnya, tak ayal Damrizal yang saat itu hanya bersenjatakan alat penderes getah merusaha mempertahankan diri dari amukan beruang. Dari sekujur tubuh korban didapati beberapa lobang cakaran kuku beruang, se mentara mata sebelah kanan terlepas dari posisinya, dan jari tangan kanan putus. Berkemungkinan saat dise rang, Damrizal berusaha menagkis cakaran beruang yang membabi buta.
Beruntung ia diselamat kan oleh Azwar tetangganya yang juga kebetulan berprofesi sama menderes getah yang tidak jauh dari lokasi korban. Azwar sendiri ketika sedang menderes getah mendengar suara pekikan minta tolong, setelah men dengar suara yang minta pertolongan, alangkah ia terkejut menjumpai tubuh Dam rizal yang tercabik-cabik oleh kuku beruang, sedang kan beruang itu sendiri, se ketika itu lari setelah me lumpuhkan mangsanya yang sudah tidak berdaya.
Dari tubuh korban ditemukan beberapa lobang be kas tusukan atau cakaran beruang, mulai dari muka dua lobang, mata hancur dan posisi mata lepas, tangan putus, sedangkan sekujur tubuh dijumpai beberapa lobang.
Pihak Rumah Sakit Umum Daerah Lubuk Si kaping, sangat kesulitan untuk memberikan pertolongan, karena luka yang parah sulit untuk dijahit, akibatnya darah segar masih menetes dari ruang IGD RSUD Lubuk Sikaping, sehingga pihak RSUD sendiri tidak sanggup menangani korban dan mengi rim korban ke RSUD Ahmad Muchktar Bukitingi. Se sampai di Bukittinggi korban kemudian dirujuk ke RSUP. M.Jamil Padang.
Menurut Sam, kakak korban, Damrizal memang setiap hari pergi menderes getah miliknya, karena hanya dengan usaha itulah ia meng hidupi 5 anaknya. Namun sa yang  korban ketika di op name ke Bukittinggi, tidak ada anak dan istrinya yang menungguinya. Sementara korban sendiri masih menge luh dan merintih kesakitan., dengan terlihat darah segar masih keluar dari bagian atas kepalanya.
Peristiwa beruang me ngamuk di Kecamatan Duo Koto Kabupaten Pasaman, adalah untuk yang kedua kalinya. Setelah sebelumnya terjadi di jorong Botung Hulu Pasaman, namun tidak ada korban, namun sempat meresahkan masyarakat setempat.
Ditempat terpisah Wa kapolres Pasaman AKP. Har seno SIK ketika dikonfirmasi Haluan membenarkan telah terjadi kasus masyarakat yang dicabik-cabik beruang. Setelah mendengar informasi adanya masyarakat yang dicabik-cabik beruang,langsung memerintahkan ang gotanya ke TKP dengan ber kordinasi dengan pihak BK SDA Pasaman dan pemadam dan penangulangan bencana alam Pasaman, ikut serta mengejar  sang beruang. “ Pi hak Kepolisian saat ini su dah berada di TKP, dan sudah meminta keterangan dari masyarakat termasuk korban sendiri yang sempat diminta penjelasannya kronologis terjadinya kasus itu yang langsung menambah personil dari Polres Pasaman dan Polsek setempat,” ujar Harseno.Saat ini suasana di Lanai masih mencekam, kendati ma sya rakat was-was takut kalau beruang memakan korban lagi, walaupun porsonil kepolisian dan BKSDA su dah turun mengejar beruang, namun hingga berita ini turun beruang itu belum ditemu kan. (tos)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: