Oleh: edijarot | Mei 19, 2008

KARYAWAN ASIA BISKUIT DATANGI PN PADANG

PADANG, Haluan
Tidak ditemukannya titik terang atas penyelesaian ka sus PHK mantan karyawan PT Asia Megah Foods Ma nufacture (AMFM) atau yang dikenal dengan PT Asia Biskuit, sebanyak 178 orang mantan karyawan perusahaan ini didampingi LBH mendatangi Kantor Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Pa dang, Senin (12/5).
Di kantor ini, mantan karyawan melakukan pendaftaran gugatan atas nama Rina Yanti cs, dengan gugatan No.15/G/2008/PHI.PDG. Sementara itu, ratusan mantan karyawan lainnya dengan sabar menunggu diluar kantor tersebut, hingga prosedur pen daftaran ini selesai.
Menurut Agus, salah seorang mantan karyawan PT Asia Biskuit, mereka telah berupaya untuk menyelesai kan kasus mereka dengan mengikuti prosedur hukum yang berlaku dan melalui pro ses yang panjang dan melelahkan. Namun, usaha mereka ternyata tidak membuah kan hasil.
“Kami telah melapor dan mengadukan permasalahan kami ke DPRD Kota Padang, Dinas Tenaga Kerja Kota Padang hingga ke instansi pe merintah terkait lainnya. Na mun sampai saat ini belum ada kejelasannya. Bahkan tidak ada itikad baik perusahaan, untuk menyelesaikan permasalahan ini secara da mai dan kekeluargaan,” ung kapnya.
Menurutnya, pihak peru sahaan juga tidak konsisten terhadap hasil keputusan yang dikeluarkan oleh pe rusahaan itu sendiri. Ia mengatakan, pimpinan PT Asia Biskuit telah ditutup sementara terkait kasus tersebut, namun ternyata ada aktivitas yang ditemukan dalam pe rusahaan ini.
“Kata pimpinan perusahaan ini telah di tutup. Tapi, saya masih melihat ada armada yang melakukan operasional mengambil air dari suatu tempat. Walaupun tampak sepele, tapi ini tetap penipuan,” jelasnya lagi.
Sementara itu, Koor dinator Kuasa Hukum Karyawan Asia Biskuit Sudi Prayitno dari LBH Padang menga takan, para karyawan telah menyetujui untuk memberi kan kuasa penuh kepada LB H untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Menurut nya, dalam waktu dekat permasalahan ini akan sampai di meja hijau.
Ia juga mengatakan, gu gatan ini dilakukan hanya se batas syah atau tidak syahnya para karyawan di PHK,serta kejelasan status para kar yawan. Gugatan ini tidak me nyinggung pemberian ganti rugi yang harus dilakukan oleh pihak perusahaan kepada mantan karyawannya.
“Kalau diamati, karya wan diberhentikan karena perusahaan telah ditutup oleh karyawan itu sendiri. Kami akan melihat dan mengkaji  syah atau tidaknya PHK yang dikeluarkan oleh manajemen perusahaan,” jelasnya.
Ia mengatakan, pihak LB H telah mempersiapkan se mua bukti yang akan diajukan dalam persidangan ini nantinya. Jika gugatan ini ditolak dalam persidangan, maka LBH akan melakukan gugatan lainnya.
“Kalau gugatan karyawan ini ditolak, maka kami akan menempuh jalur hukum pi dana. Karena dalam perma salahan ini, ada unsur pidana, dimana para karyawan tidak mendapatkan haknya sesuai prosedur dan hukum yang berlaku,” katanya lebih lanjut.
(wan)


Responses

  1. it’s a nice site. keep on updating, i love to read much…
    bikebali


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: